0 Yuk Jadi Tempat Curhat Terbaik Buat Anak Kita..

Berbicara adalah kebutuhan mendasar manusia, termasuk anak-anak kita. Jika ada anak-anak yang sulit bicara ini pasti karena mereka tak memiliki kenyamanan berbicara. Ketika Anda membuat anak kita bicara, Anda mengenali dan menghargai perasaan anak dan membiarkan mereka mencurahkan rasa marah, sedih atau ngeri, Anda mengundang anak untuk berbicara berarti membuat anak diakui dan membantu mereka mengenali perasaannya.

Sebagian orangtua ingin anak gadisnya selamat tapi tanpa tahu apa yang tengah bergejolak dengan perasaan ‘keremajaan’ anak gadisnya ini, tanpa memahami perasaan-perasaan yang tengah dialami anak gadisnya.

Betapa tidak, kenapa sebagian anak gadis ini mau menceritakan perasaannya pada teman sebangkunya, sementara kepada orangtuanya yang melahirkan mereka dan membesarkan mereka dengan keringat, mereka tak mau menceritakan rahasia-rahasianya? Pasti ada yang salah dengan ini! Pastilah ada ketidaknyamanan dari anak-anak gadis kita sehingga mereka tak berani menceritakan perasaan-perasaannya pada kita. Periksalah barangkali selama ini kita yang ‘mendominasi’ perkataan-perkataan di rumah..

Saat anak curhat atau mencurahkan perasaannya, anak mengelola emosi-emosinya dengan lebih baik dan kita memiliki peluang lebih baik untuk membimbing emosi mereka. Membuat anak curhat juga berarti membuat mereka menjadi merasa ‘dekat’ dengan Anda. Mereka akan merasa akrab dengan Anda: orangtuanya.

Ayah Bunda, seharusnya kitalah yang menjadi tempat paling nyaman anak kita untuk curhat! Bukan orang lain! Bagaimana bisa seorang anak tak mau bercerita pada orangtuanya tetapi mau bercerita dan bicara pada orang lain? Pasti ada yang salah dengan kita bukan? Periksalah barangkali selama ini kita yang ‘mendominasi’ perkataan-perkataan di rumah.

Siapakah yang selama ini berbicara? Orangtua atau anak? Ketika seseorang curhat pada anak secara alamiah orang ini akan merasa dekat dengan Anda.

Setiap hari, sediakan sedikit waktu dari Anda untuk mendengarkan perasaan-perasaan anak Anda, bukan hanya bertanya soal tugas-tugas sekolah atau PR yang harus dikerjakannya, tetapi juga untuk mendengar curhat anak Anda mengenai apa yang terjadi di sekolahnya, yang terjadi dengannya saat main ke rumah teman. oleh..: IKhsan baihaqi
 

Bucu-Bucu Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates