0 TIPS UNTUK MANULA : SENAM KEGEL UNTUK PRIA


Pada manula pria, seiring dengan penurunan fungsi fisiologis tubuh, terjadi perubahan pada sistem perkemihan berupa penurunan aliran darah ke ginjal dan penurunan kapasitas kandung kencing. Akibatnya timbul keluhan sering kencing, susah menahan kencing, ngompol, dan inkontinensia (kencing terasa tidak tuntas).
 Di samping itu terjadi pembesaran prostat yang menyebabkan saluran kencing menyempit. Akhirnya kencing menjadi sedikit-sedikit atau sampai tidak bisa kencing sama sekali.
Untuk mengatasi keluhan tersebut, ada hal sederhana yang dapat dilakukan , yaitu berlatih senam Kegel. Senam ini gampang dilakukan dan dapat dilakukan di rumah.
Senam Kegel melatih dua kelompok otot, yaitu otot-otot yang digunakan untuk menahan buang air besar atau menahan gas yang akan keluar dari rektum, dan otot pada dasar penis yang digunakan untuk mengeluarkan tetes terakhir urin atau waktu ejakulasi semen.
Caranya sebagai berikut : kontraksikan otot yang dipakai untuk menahan buang air besar.
Sementara mengetatkan otot tersebut, perketat pula otot pada dasar penis. Akan terasa penis sedikit tertarik ke arah tubuh. Tahan kedua otot tersebut sampai hitungan ke sepuluh.
Rilekskan otot dan istirahat selama 1 jam. Ulangi latihan ini sebanyak enam kali.
           Lakukan latihan ini sehari-hari sebelum tidur, sebaiknya dalam posisi duduk. Jangan melakukan latihan berlebihan karena otot akan lelah dan kebocoran akan bertambah hebat. Kontraksikan otot ini ketika akan bangkit berdiri dari posisi duduk atau ketika mengangkat sesuatu agar tidak terjadi kebocoran. Begitu Anda berhasil mengendalikan urin, teruskan melakukan latihan ini agar otot ini selalu dalam kondisi baik.
(Dari berbagai sumber)
 

Bucu-Bucu Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates