0 Alquran Kuno Bukti Sejarah Islam di Garut

Liputan6.com, Garut: Jejak peninggalan penyeberan agama Islam terlihat di Garut, Jawa Barat. Ini terbukti dengan adanya kita suci Alquran yang berusia lebih dari 300 tahun. Berbeda dengan biasa, Alquran dari Garut ini terbuat dari kulit kayu saeh. Sedangkan tinta hurufnya terbuat dari getah buah manggis.

Untuk sampai ke lokasi museum tempat penyimpanan Alquran kuno, kita harus terlebih dahulu menggunakan rakit. Sebab, Alquran tersimpan di musem yang lokasinya berada di tengah danau atau Situ Cangkuang--berada di Kampung Pulo, Desa Cangkuang, Kecamatan Leles.

Sampai di tengah danau, ada pulau yang terdapat bangunan museum. Nah, di dalam museum itulah tersimpan Alquran kuno. Selain Alquran, di dalam museum juga terdapat naskah ceramah Jum`at terpanjang di Indonesia. Naskah tersebut mempunyai panjang 1,67 meter. Terdapat pula kita ilmu fikih, tauhid, dan sunah yang rata-rata sudah berusia lebih 300 tahun.

Menurut Zaki Munawar, juru pemelihara Museum Cangkuang, kitab-kitab suci kuno yang terdapat di museum merupakan peninggalan Mbah Dalem Arif Muhamad yang hidup pada abad 17. Bukti-bukti peninggalan Mbah Dalem Arif Muhamad, selain menjadi saksi bisu penyebaran sejarah agama Islam pada masa lalu, juga menjadi daya tarik bagi masyarakat yang sengaja datang untuk mempelajari atau sekedar melihat-lihat kita suci dan peninggalan lain.(ULF)

sumber : liputan6.com
 

Bucu-Bucu Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates