0 Tips Untuk Mempererat Hubungan Suami Isteri





TDW Mastery - Sources to Skyrocketing Your Success











Kalau kita lihat sekarang ini angka perceraian di Indonesia cukup tinggi. Setiap hari kita mendengar permasalahan rumah tangga. Sering kita dengar pada waktu pacaran semuanya indah, tetapi begitu menikah ada saja yang tidak kena, kentut pun kena marah. Ada pula yang bilang bila sudah menikah perasaan cinta suami terhadap isteri lama kelamaan akan luntur, sedangan perasaan cinta isteri terhadap suami akan bertambah.
Di bawah ini ada tips yang dapat membantu dalam mengeratkan hubungan pasangan suami isteri. Tips ini saya dapat dari bacaan-bacaan dan juga pengalaman selama 10 tahun sebagai seorang suami J.
1.       Komunikasi antara suami isteri sangatlah penting. Segala permasalahan yang berlaku dalam rumah tangga haruslah dibicarakan. Bila ada perasaan tidak puasa antara satu dengan yang lain, keluarkanlah, jangan disimpan terlalu lama. Jika tidak dikeluarkan pasangan tidak tahu apa yang anda rasakan.
2.       Hindari pertengkaran yang berkepanjangan. Pertengkaran antara suami isteri adalah hal biasa, adalah mustahil tidak terdapat selisih faham antara suami isteri. Bila bertengkar, salah satu fihak harus mengalah, keluar rumah cari angin, untuk menenangkan perasaan marah tersebut. Bila kita sedang marah, apa yang kita katakan atau kita lakukan akan lebih dipengaruhi oleh emosi. Maka akan keluar macam-macam perkataan yang “sedap” yang akan menyinggung perasaan yang lain.
3.       Tolong menolong dalam melakukan pekerjaan rumah. Zaman sekarang banyak isteri yang bekerja. Jadi para suami haruslah membantu isteri. Jangan membiarkan isteri melakukan semua pekerjaan rumah. Coba bayangkan, pagi-pagi isteri sudah bangun menyiapkan sarapan, menyiapkan anak-anak ke sekolah, setelah itu pergi kerja. Pulang kerja harus memasak, mencuci baju, menyeterika, mengurus anak, menyiapkan makan malam, mencuci piring, melihat buku sekolah anak, mengajar anak… macam-macam kerjaan ringan tetapi coba para suami yang melakukan semua pekerjaan itu. Yang punya pembantu mungkin lebih ringan sedikit beban isteri. Jadi para suami, tolong menolong lah, jangan sibuk dengan pekerjaan sendiri, baca surat kabar, isap rokok, pergi olah raga. Cari duit sama-sama tapi urusan rumah tangga diserahkan bulat-bulat kepada isteri, setelah itu mengeluh tak dapat layanan dari isteri.
4.       Rumah hendaklah senantiasa bersih dan rapi. Jangan dibiarkan piring mangkok penuh di tempat cuci piring, sebelum keluar rumah pastikan semua sampah sudah dibuang, piring mangkok sudah dicuci, kamar dan ruang tamu sudah dirapikan. Jadi sewaktu pulang kerja, sedaplah mata memandang. Kalau pulang lihat rumah berantakan, otomatis timbul rasa letih dan marah. Sekali-sekali ubahlah posisi meja, sofa, lemari dan lain-lainnya. Bila perabot rumah diubah, tidak bosan melihat dan perasaan pun berubah.
5.       Kurangkan mengomel. Biasanya bab mengomel ini berlaku pada para isteri. Jadi para isteri kurangkanlah mengomel. Pasangan anda akan bosan bila setiap hari anda mengomel.
6.       Jaga penampilan. Hal ini bukan hanya isteri saja yang harus menjaga penampilan, suami juga harus. Isteri jangan hanya pakai kain atau gaun dirumah, paling sedikit pakailah celana panjang dengan t shirt. Jangan hanya ke kantor yang bermake up, di rumah juga harus pakai make up sedikit, rambut juga harus rapi jangan dibiarkan mengembang seperti hantu. Tubuh juga harus dijaga. Suami juga sama, jangan hanya pakai celana pendek saja di rumah dan telanjang dada. Sewaktu keluar rumah juga sama, bila sama-sama rapi dan cantik, baru sedap dipandang mata.
7.       Jangan biarkan pembantu rumah tangga melakukan semua pekerjaan rumah. Inilah kesalahan dari sebagian masyarakat kita. Bila punya pembantu, semuanya dikerjakan oleh pembantu. Hindari pembantu melakukan pekerjaan-pekerjaan berikut :
·         Memasak. Ini seharusnya dilakukan isteri/suami. Pembantu hanya boleh disuruh menyediakan bahan-bahan saja, seperti potong sayur, menyiangi ikan, ayam dan mengiris bawang. Jangan sampai suami dan anak-anak teringat-ingat masakan pembantu.
·         Kamar tidur. Kamar tidur adalah tempat pribadi, jangan membiarkan pembantu sewenang-wenang keluar masuk kamar tidur kita. Biar kita sendiri yang merapikan tempat tidur, tak kan lah tak mampu merapikan tempat tidur sendiri.
·         Pakaian dalam biar kita sendiri yang urus. Dari mencuci sampai melipat hindari dari penglihatan orang lain.
·         Jangan membiarkan pembantu rumah mengurus semua masalah anak-anak. Sebaiknya bila pulang ke rumah, perhatian untuk anak-anak kita lebihkan terutama hal menyuap makanan (untuk anak-anak yang kecil). Orang tua bilang, bila kita menyuap anak makan, makan anak akan ingat dengan kita. Beri perhatian mereka, tidurkan mereka. Jangan biarkan pembantu melakukan semua itu, nanti anak-anak ingat dekat pembantu lebih dari kepada ibu sendiri.
8.       Ingat tanggal-tanggal penting seperti hari lahir, hari ulang tahun perkawinan dan hari ulang tahun kencan pertama. Suami isteri haruslah ingat tanggal-tanggal penting ini, catat di handphone atau di diari. Ucapan pun sudah cukup untuk menandakan kita mengingat tanggal tersebut. Jangan sunyi senyap saja, lupa terus, karena pasangan anda akan merasa sedih. Sebelum kawin ingat semua, sesudah kawin lupa semua.
9.       Beribadah bersama. Sembahyang bersama dengan pasangan amat berkesan untuk mengeratkan hubungan suami isteri dan keluarga.
10.   Makan bersama. Ada pasangan yang suami atau isteri terlampau sibuk dengan kerja sehingga tidak ada waktu makan bersama. Pulang sudah malam dan sudah makan di luar. Sebisa-bisanya ada waktu makan bersama, baik waktu sarapan pagi atau makan malam. Makan bersama keluarga kana mengeratkan hubungan kekeluargaan.
11.   Puji-pujian. Sewaktu-waktu, pujilah pasangan masing-masing. Masakan enak kah, ganteng kah, rapi kah… tak rugi memuji pasangan kita. Kita manusia kan suka dipuji, mustahil ada yang tak suka.
12.   Kejutan. Kadang-kadang buatlah kejutan untuk pasangan masing-masing. Kalau ada duit bawalah pasangan pergi candle light dinner, beli cincin, hadiahkan baju, bunga, dan lain-lain.
13.   Bawa pasangan jalan-jalan. Jangan dibiarkan pasangan duduk di rumah saja. Bawalah pergi jalan-jalan ke luar kota, ke pantai, sehingga tidak bosan. Kegiatan ini tidak memerlukan biaya yang besar.
14.   Jangan terlalu cemburu. Cemburu yang berlebihan akan mengeruhkan hubungan. Ada isteri yang menelpon ke kantor suami Tanya suaminya pergi kemana saja. Ada suami yang melarang isteri berteman dengan teman laki-laki, ngomong pun tak boleh. Percaya satu sama lain amat penting dalam hubungan suami isteri. Kadang-kadang suami atau isteri perlu berteman, tetapi harus tahu batasan masing-masing. Bila curiga sesuatu, selidiki dulu sebelum bertindak.
15.   Terima kelebihan dan kekurangan pasangan masing-masing. Tak ada manusia yang sempurna di di dunia ini, pasti ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi belajarlah untuk menerima kekurangan pasangan masing-masing. Bila ada kelemahan yang bisa diperbaiki, usahakan untuk menutupi kelemahan tersebut. Misalnya tak pandai masak, belajarlah memasak.
16.   Tingkatkan hubungan mesra/kasih saying. Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan kasih saying. Kita harus senantiasa mencobat menyegarkan perasaan kasih saying, jangan perasaan itu makin lama makin menguncup. Bila sudah menguncup, maka akan terpikir untuk mencari yang lain. Cara-cara di bawah ini mungkin sepele, tetapi amat berkesan untuk mengeratkan hubungan suami isteri.
·         Sendagurau. Bersenda gurau tidak terbatas di kamar tidur saja. Membuat ekspresi muka lucu, pura-pura merajuk, humor, dan lain-lain.
·         Membelai-belai rambut. Sambil menonton tv, belailah rambut pasangan anda, carilah uban kalau pasangan suka.
·         Mencuci muka pasangan. Cuci muka pasangan, menghilangkan jerawat, bintik-bintik hitam atau putih.
·         Memotong kuku pasangan masing-masing. Ini salah satu cara untuk mengeratkan hubungan dengan pasangan anda. Tiap-tiap bulan, luangkan waktu untuk memotong kuku pasangan dan anak-anak.
·         Memijat badan. Enaknya bila badan kita dipijat setelah seharian bekerja. Kegiatan ini bisa dilakukan sewaktu mau tidur atau sewaktu nonton televisi.
·         Mandi bersama. Sebulan sekali cobalah luangkan waktu untuk mandi bersama. Bagian belakang badan kita ada yang tidak bisa dijangkau oleh tangan. Jadi mintalah bantuan pasangan kita untuk menggosok badan.
·         Curi waktu untuk membuat kegiatan berdua-duaan. Bila sudah punya anak, curi lah waktu untuk kegiatan bersama seperti menonton filem atau jalan-jalan cuci mata. Boleh ambil cuti sehari.
Semoga tips tersebut di atas dapat membantu anda semua dalam meningkatkan hubungan dengan pasangan masing-masing.
 

Bucu-Bucu Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates