Bab MICROSOFT ACCESS 2010
Menjalankan
MS ACCESS 2010
Membuat Table
1)
Tutup
semua database yang terbuka
2)
Klik
Tab File
3)
Klik
New,
4)
Berikan
nama Database pada kotak File Name
5)
Rubah
default penyimpanan ke folder yang sudah dibuat
6)
Berada
pada Data D “Database 1”
7)
Kemudian
klik create
8)
Kemudian
Klik File dan kemudian pilih “Design File”
9)
Kemudian
Access akan meminta memasukkan nama table
10) Kemudian akan masuk kedalam modifikasi
table dimana kita harus memberikan field-field yang nantinya akan dijadikan
record-record didalam database atau table.
1. Membuat Tabel
·
Klik Create
·
Kemdian klik View dan kemudian pilih Design
File
·
Kemudian Acces akan meminta
memasukkan nama Tabel, untuk contoh saat ini ketikkan Data Mahasiswa lalu OK
·
Kemudian akan masuk kedalam
modifikasi table dimana kita harus memberikan field-field yang nanti nya kan
dijadikan record-record didalam database atau
table
·
Buatlah field-field nama yang sudah
disediakan didalam masing-masing kotak
Field
name :buat field name yang nanti nya akan dijadikan
masukan data
Data
Type: tipe-tipe data
Description
: keterangan dari field yang dimasukkan (dapat diisi/dapat tidak diisi)
·
Field-field yang sudah diberikan
nama dan data type nya.
·
Setiap filed yang dibuat, harus
ditentukan batas maksimum karakter huruf yang dapat di input. Penentuan batas
maksimum dibuat pada field properties seperti gambar dibawah ini. Field nama
telah di tentukan maksimum huruf yang dapat dimasukkan adalah 30 huruf, maka
pada field properties field size dirubah
menjadi 30.
·
Kemudian klik DataSheetView
·
Dan save
2. Membuat FORM
·
Jalankan kembali Ms.Acces dan
kemudian klik open, carilah folder tempat dimana file database diatas yang anda
buat tadi.
·
Klik Data Mahasiswa
·
Pilih Tab Create dan klik Form Wizard
·
Kemdian setelah memilih dan
mengklik Form Wizard akan tampil jendela Form Wizard dimana didalamnya terdapat
daftar field-field yang akan digunakan sebagai masukan kedalam form tersebut
dengan klik tanda “ >> “
·
Setelah mengklik next maka akan muncul
bentuk-bentuk form. Ada 4 macam bentuk form Colummar, Tabular, Datasheet dan
Justified. Pilihlah Colummar
·
Berilah judul Form yang sudah
selesai dibuat, untuk form ini kita berikan nama “ DATA MAHASISWA” pada pilihan
“do you want to open the form of modify
the forms design” pilih atau klik “open the form to view or enter information”.
Klik finish dan hasilnya.
·
Sebelum data-data tersebut diinput
kedalam kotak-kotak yang tersedia, kotak input NO akan tampak kata NEW. Artinya
Database yang terhubung dengan jata Mahasisaw ini belum diisi. Jika Form
tersebut dibuat dengan FORM WIZARD maka semua bentuk field-field di dalam form
masih sama seperti nama field-field yang ada di dalam databasenya. Untuk itu
field-field di dalam form harus diubah sehingga gampng dibaca oleh orang lain.
Cara untuk merubahnya adalah sebagi berikut.
·
Pilih View kemudian Design View
·
Setelah Design View dipilih maka
form akan dapat diedit seusai dengan kata yang kita kehendaki
·
Saat kita merubah bentuk form,
maka akan tampil Form Design Tools secara otomatis seperti gambar dibawah ini.
·
Untuk merubah tampilan isi form
tersebut, cukup dengan menyorot field-field yang diinginkan saja. Untuk contoh
ini kita akan merubah judul Textbox.
·
Setelah disorot satau piilh satu
persatu judul, klik dua kali pada kotak judulnya dan kemudian rubah tulisan
yagn ada. Misalnya No dirubah menjadi NOMOR, begitu selanjutnya rubah semua
judul field-field yang ada. Ingat !! hanya judul field yang dirumah.
·
Setela h semuanya dirubah jangan
lupa menyimpan form tersebut.dengan menekan tombol CTRL+S.
·
Kemudian jalankan form tersebut
dengan menekan /klik View dan pilih Form View sehingga akan didapat hasil.
Kemudian coba maskkan data-data yang
diminta.
3. Menambahkan Button-button pada form
·
Form yang sudah dibuat dapat
dimodifikasi dengan menambahkan button-button dibawah nya atau letakkan sesuai
dengan keinginan. Cara untuk menambahkan adalah sebagai berikut
·
Jika Diperhatikan Design Form yang
kita buat, terdapat 3 area yaitu:
Form
Header : Tempat judul form
Detail
: Tempat meletakkan isi field-field
Form
Footer : Tempat judul atau button-button
·
Dari Form Design klik icon button
kemudian letakkan di area Form Footer. Dan kemudian muncul jendela command
button wizard
·
Pilihlah Record Operation, karena
akan membuat button: INPUT, DELETE kemudian pilih pada kotak action: Add new
record.
·
Kemudian klik next dan pilih text,
pada kotak text ketik : Input Data
·
Kemudian next dan terdapat command
17 biarkan saja kemudian klik finish maka satu button input Data sudah selesai
dibuat. Berikutnya buat button Delete dengan cara yang sama. Tetapi pada
jendela Action pilih Delete Record.
·
Setelah dibuat dua buah Button
maka form tersebut dijalankan dengan mengklik View-Form View.
4. Report
Ms.Acces
dapa membuat suatu report atau laporan berdasrkan data-data yang telah
dimasukkan kedalam table atau database. Cara untuk membuat sebuah laporan
sederhana adalah sebagai berikut
·
Buka kembali database yang telah
dibuat tadi dan kemudian akan masuk ke system Ms.Acces 2010
·
Kemudian pilih create dan pilih
repot wizard pada group reports
·
Kemduian akan muncul jendela
report wizard dan masukkan semua field-field yang berada didalam kotak
Available Field ke dalam kotak selected fields dengan cara mengklik “ > “
artinya masukkan filed satu dan tanda “ >> “ memasukkan semua filed.
Setelah itu semua filed-filed akan pindah masuk kedalam kotak selected field
dimana filed tersebut akan dijadikan judul dan isi dari laporan yang akan kita
buat kecuali NO tidak dimasukkan . klik next.
·
Kemudian akan muncul Report Wizard
dimana sudah terdapat layout report yang akan diuat. Klik next
·
Ms.Acces akan meminta field-field
mana yang akan ditampilkan berurutan pertama kali berdasarkan abjad
(ascending). Untuk contoh ini kita akan menampilkan nama dan tanggal lahir
saja.
·
Klik next jika filed-filed sudah
kita pilih untuk tampilkan secara berurutan
·
Berikutnya Acces meminta kita
untuk memilih bentuk dari report tersebut ada 3 pilihan layout. Columnar,
Tabular, Justified
·
Kita pilih stanndard yaitu tabular
dengan jenis kertas adalah portrait. Kemudian klik next
·
Dan klik finish.